Jumat, 08 Maret 2013

Fakta Tentang Artis dan Manajemen Artis di Korea.



  • Untuk menjadi artis di korea tidak semudah yang kita pikirkan. Ada 2 syarat utama: face and skill.. Yang paling utama SKILL. karena style / face bisa diubah. 
  • Perusahaan artis seperti SMent biasanya mencari ‘calon artisnya’ dengan kriteria : mukanya fresh, rambutnya bagus, gigi putih, dan double eyelids.
  • Untuk dapat mengikuti trainee artis suatu manajemen artis di korea, ada 3 tahap yang harus dilalui . 
  • Usia ‘calon artis’ yg dicari biasanya antara 12-17tahun.. dengan waktu trainee yg panjang . Hal ini juga bisa dilihat dari hasil yang diperoleh setelah masa trainee. Tapi ga semua artis berkualitas harus d trainee lama-lama. ya kembali ke SKILL masing-masing calon artis itu.
  • Untuk para trainer (calon artis yg belum debut) semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi pas udah debut biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen.. itungannya bayar biaya selama si artis di trainee gitu.
  • 3 Manajemen terbesar di korea : JYP Entertainment, YG Entertainment, SM Entertainment.
  • Penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana.
  • Kalau grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris orang korea sana.
  • Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core.
  • Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown.
  • Artis wajib mengikuti semua schedule yg udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari, makanya mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus yang udah disediain.
  • Katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di korea soalnya orang korea kurang suka muka melayu.  >< orang indonesia kan hampir semua wajahnya begitu.
  •  Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa.
  • Korean fans itu loyal banget! mereka rela ngabisin uang buat beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg berhubungan dengan idol mereka.
  • CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yg paling laris di korea. justru produk-produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias ga penting-penting banget!
  •  Kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase / fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3 lah. Mereka konsisten! Kalau udah dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tapi tetep ada pengecualian.. Misal fandom awal mereka ELF, sampe kapanpun mereka adalah ELF.. kalau misalnya mereka juga suka SHINee, mereka ga akan menyebut diri mereka Shawol. paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee’s fans atau SNSD’s fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1. Konsisten !
  • Karena ke konsistenan mereka itu, walaupun ada artis terkenal dihadapan mereka, mereka ga bakal peduli kalau itu bukan bias / artis idola mereka! gitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalo yg main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus kamu tanya “kenal sama artis …. ga?” trus dia jawab ga kenal pdhl artis famous.
  • Penjualan album KPOP juga pasti melunjak kalo lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yg sama!! alasannya? karena penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite mereka krn masuk korean chart penting baget!!.
  •  Dikorea, ga cuma anak muda yg demen kpop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba2 liat ahjumma / ibu-ibu ikutan ngantri. Bahkan kakek/nenek pun ada.
  • Orang korea cinta banget sama budaya mereka dan artis-artisnya diwajibkan mempromosikan apa aja tentang korea, tentang negara mereka.
  • Kalo di SM audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di JYP.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos gak nya. waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarin deh dari JYP.
  • Di korea pernah ada pepatah “kalau kamu ga bisa sukses dibawah SM Ent, berarti dibawah manajemen manapun ga akan pernah sukses”.
  • Persaingan para idol di korea itu kuat banget loh, makanya mereka ga takut buat oplas sana-sini biar ga kalah saingan. ga jarang ada artis yg bunuh diri karena ga mampu bersaing dengan artis-artis lainnya.
  • SM Entertainment adalah salah satu perusahaan yang berpengaruh di korea, karena artis dibawah manajemen mereka biasanya selalu sukses.
  • Ada bebrapa manajemen yg mewajibkan artisnya tinggal di dorm, kalo asli dari luar daerah, mereka harus mau pindah ke seoul.
  • Korean fans suka ngasih hadiah bintang buat artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi dan bakal diingat terus.
  • Fans di korea ga peduli idolanya oplas atau enggak. Menurut mereka yang penting adalah bagaimana idolnya sekarang bukan bagaimana idolnya dulu. 
  • YG Entertainment ga peduli penampilan seseorang, yang terpenting bagi manajemen itu adalah skill-nya bukan sekedar bagus tapi harus Luar Biasa dan orang tersebut adalah type pekerja keras.
  • Perbandingan artis yg debut dan artis yg gagal disaat bersamaan adalah 1:10 . Maksudnya kalau hari ini ada 1 artis yg debut di suatu manajemen, berarti disaat yg sama ada 10 artis yg gagal atau dikeluarin dr manajemennya.
  • Fans di korea ga ragu buat mendonasikan uang mereka dalam jumlah besar untuk fandom mereka. Demikian kurang lebih beberapa Fakta Tentang Artis dan Manajemen Artis di Korea. Boleh membandingkan dengan bagaimana keadaan manajemen artis di negara kita atau negara lainnya. Tapi dalam tujuan positif ya. Tidak untuk bashing atau untuk menjelekkan antara yang satu dengan yang lain. Bagaimanapun peraturan di setiap negara tidak sama. Yang bisa kita contoh adalah bagaimana cara mereka menjadi sukses. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar