Sabtu, 09 Maret 2013

Tata Cara Makan 'Ala Korea'


Setiap negara memiliki etiket dan tata cara makannya masing-masing, begitu juga dengan Korea. Susunan cara makan yang sedikit berbeda, dapat membuat orang asing yang tinggal di Korea sedikit kesulitan untuk menyesuaikan kebiasaan mereka dengan  cara makan lokal. Agar hal itu dapat terhindar, simak tata cara makan khas Korea berikut ini.

1.Tunggu Sampai Anda Dipersilahkan Duduk. Saat Anda tiba di restauran atau di rumah orang yang mengundang Anda untuk makan, jangan langsung mengambil posisi duduk di ruang makan sebelum Anda dipersilahkan. Anda sebaiknya menunggu sampai orang yang tertua  yang ada bersama Anda mempersilahkan Anda dan tamu lainnya untuk duduk.

2.Salam Sebelum Makan. Jika Anda mendapat undangan dari rekan atau kerabat untuk makan di rumah mereka, jangan lupa untuk mengatakan “Jalmukeseumnida”  yang berarti “Saya akan makan dengan baik” sebelum Anda mulai menyantap makanan yang tersedia di atas meja. Salam ini dikatakan sebagai simbol sopan santun dan tanda terimakasih pada mereka yang telah mengundang Anda dan telah memasak makanan-makanan enak untuk Anda.


3.Mulai Makan. Saat makanan tersedia, jangan langsung memakan makanan yang ada di depan Anda. Anda harus menunggu orang yang tertua atau orang yang mengundang Anda makan mulai menyantap makanannya, setelah itu Anda dapat ikut serta menikmati makanan yang ada.

4.Kecepatan Makan. Jaga kecepatan makan Anda dan sesuaikan dengan kecepatan makan orang lain yang duduk di meja yang sama dengan Anda. Jangan makan terlalu lambat.

5.Mangkuk Nasi dan Sup. Selama makan, biarkan mangkuk nasi dan sup Anda tetap di meja. Jangan angkat kedua mangkuk tersebut seperti dalam budaya makan khas Cina dan Jepang. Jika Anda tidak mau makanan di sendok tumpah, dekatkan mulut ke mangkuk nasi atau sup Anda atau gunakan tangan Anda sebagai tadah.

6.Menuang Minuman. Saat minum, selalu usahakan untuk menuang minuman lebih dahulu, khususnya kepada mereka yang lebih tua. Gunakan kedua tangan Anda untuk memegang botol atau gelas saat Anda menuang atau menerima minuman dari orang yang lebih tua dari Anda. Tata cara menggunakan dua tangan ini juga berlaku saat Anda menerima dan memberikan piring yang berisi makanan kepada orang lain yang lebih tua dari Anda.

7.Minuman Beralkohol. Umumnya, menolak minuman beralkohol dari orang yang lebih tua tidaklah sopan. Tetapi jika alasan Anda tidak minum adalah karena latar belakang agama, coba jelaskan itu dengan sopan kepada mereka yang menawarkan minuman beralkohol tersebut pada Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar